Talkshow RAI-R80: Menantikan Lahirnya Karya Aviasi Indonesia

4 Oct 2018 | 18:36

Dalam gelaran Bekraf Habibie Festival 2018, di booth Regio Aviasi Industri (RAI)dipamerkan sebuah pesawat konsep yang berhasil mencuri perhatian banyak pengunjung. Pesawat itu adalah Regional-80 (R80), sebuah pesawat komersial berukuran kecil yang dibuat untuk penerbangan domestik. Pesawat R80 yang masih konsep ini dirancang dan diproduksi seluruhnya oleh anak bangsa.

Untuk lebih memperkenalkan pesawat R80 ini, RAI memboyong Jovial Da Lopez, seorang influencer muda, yang juga pendukung proyek ini. Talk show yang disesaki penonton dan berlangsung informal ini dimaksudkan untuk membantu pendanaan proyek pesawat R80. “Cuma ada 5 atau 6 negara yang bisa buat pesawat. Indonesia kenapa nggak?” ujarnya di sebuah kesempatan. Dalam acara tersebut dijeaskan juga berbagai informasi teknis dari R80, yang megundang decak kagum para hadirin.

Talk show hari itu sedikit banyak memberi harapan kepada pemirsa mengenai masa depan industri aviasi di Indonesia. Pesawat R80 rencananya akan segera menjalani proses finalisasi dari sisi desain, dan diharapkan akan menyelesaikan prototipenya yang pertama pada tahun 2023. [Andi Bramantha/CP]