Robota Robotics School: Siapkan Anak Hadapi Tantangan Teknologi Masa Depan

4 Oct 2018 | 19:12

Berdiri sejak 2006, Robota Robotics School menjadi salah satu pelopor pendidikan robotik di Indonesia. Robota sudah mempunyai cabang di kota-kota besar Indonesia, seperti Medan, Yogyakarta, dan Balikpapan.

Murid di sekolah robotik bervariasi, mulai dari siswa taman kanak-kanak hingga mahasiswa, bahkan guru-guru pun ada yang terdaftar di sekolah ini. Tidak ada batasan umur untuk mempelajari ilmu tentang robotika. Pembagian kelasnya juga dilihat dari usia dan kemampuan supaya memaksimalkan potensi para murid kelak.

Robota Robotics School didirikan untuk generasi muda anak indonesia yang sudah harus mempersiapkan diri di masa depan dengan mempelajari ilmu-ilmu berbasis teknologi, seperti ilmu robotika. Keharusan generasi muda untuk mempelajari ilmu ini sudah tercetus sejak lama, maka didirikanlah sekolah robotik pertama yang berlokasi di Solo. Terlebih kini trennya adalah tenaga manusia sudah banyak digantikan oleh robot. Presiden RI Joko Widodo pun sudah menyarankan anak-anak generasi muda Indonesia untuk mempelajari robotik.

Untuk mendukung pendidikan robotik di sekolah ini, Robota rajin mengikutsertakan anak didik mereka ke lomba-lomba di berbagai tingkatan. Di tiap akhir semester para murid wajib untuk membuat sebuah karya.  Hanya dengan hadir 1 minggu sekali mereka dididik sekreatif mungkin sehingga diharapkan dapat menghasilkan karya yang inovatif.

Salah satu yang menarik perhatian pengunjung di booth Robota yang berdiri di Zona Makerland Bekraf Habibie Festival tahun ini adalah sebuah karya berupa tempat sampah otomatis yang dilengkapi dengan sensor. Si pengguna tempat sampah itu konon tidak perlu menyentuhnya karena berisiko terpapar kotoran dan kuman. Mereka hanya harus mendekatkan telapak tangan mereka di atas sensor dan tempat sampah pun akan terbuka otomatis. Di bawah tutup tempat sampah juga terdapat sensor yang dapat mengetahui secara otomatis apabila wadahnya sudah penuh. Tempat sampah ini adalah sebuah penemuan yang sangat inovatif dan akan dikembangkan lebih lanjut di masa mendatang.

Robota Robotic School sangat bangga menjadi bagian dari Bekraf Habibie Festival 2018. Mereka juga berencana akan membuat lomba robotik nasional terbesar di Indonesia. [Zantia Karinka/CP]