Penemuan Kecil dengan Manfaat Besar

4 Oct 2018 | 19:02

Christoper Jesse Sumali, anak berumur 9 tahun yang sudah berhasil menciptakan sebuah flash belt. Ia membuatnya karena sang kakek yang memiliki gangguan pada penglihatan dan sering kali lupa menaruh barang. Flash belt karya Christoper dirakit dari lampu senter kecil yang dapat menyala dengan sedikit sentuhan. Dirancang sedemikian rupa agar sang kakek tidak lagi kesulitan mencari barang, terutama ikat pinggang.

Mulanya Christoper bertemu dengan Brandon Antonio Wisiman, penemu “Pee Watering Container” (PWC) yang baru berumur 11 tahun di sebuah acara di Hong Kong. Brandon mengatakan ia membuat PWC karena ia tidak bisa menahan rasa ingin buang air kecil dan sering kesulitan menemukan kamar kecil. Ia lalu membuat PWC untuk memudahkannya dalam berkegiatan di luar rumah. Brandon sendiri berhasrat ingin mengembangkan penemuannya untuk versi perempuan. Dengan adanya PWC, ujarnya, ia ingin membantu orang lain agar tidak kesulitan mencari kamar kecil lagi.

Sementara itu, Brandon ingin mengembangkan versi flash belt dengan sensor yang akan menyala di kegelapan. Ia ingin terus membantu sang kakek agar lebih mudah ketika mencari barang. Ia berharap penemuannya akan bermanfaat untuk orang lain di kemudian hari.

Melihat prestasi kedua anak muda usia ini, kita pasti turut merasa bangga. Terlebih lagi hasil penemuan mereka juga sudah sering dipamerkan di berbagai acara di dalam dan di luar negeri. Semoga penemuan mereka yang sangat inovatif tersebut dapat terus dikembangkan dan membanggakan Indonesia. [Zantia Karinka/CP]