Hijaudaun.id: Go Green Ga Pake Ribet

4 Oct 2018 | 18:28

Salah satu peserta di zona Makerland Bekraf Habibie Festival 2018 adalah Brotherwood dan Sisterwood. Mereka adalah komunitas yang bergerak di bidang kerajinan tangan yang memanfaatkan bahan-bahan alami. Brotherwood lebih berkonsentrasi pada kerajinan kayu-kayu dan rak yang minimalis, sedangkan Sisterwood berkonsentrasi pada kerajinan tangan yang ramah lingkungan dan unik.

Dalam pembuatan kerajinan tangan, Sisterwood bekerja sama dengan pengrajin-pengrajin rumahan yang mayoritas adalah perempuan. Produk yang mereka hasilkan juga bervariasi, seperti kalung, pouch, jam tangan, dan aksesoris lainnya.

Selain aksesoris, Sisterwood juga membuat produk bermerek Hijaudaun.id, berupa aneka tanaman hias yang bisa dipelihara dengan mudah di dalam rumah. Produk andalan mereka adalah tanaman yang berakar kecil, ditanam dengan metode Kokedama.

Kokedama sendiri adalah teknik menanam dari Jepang yang unik karena menggunakan media tanam bola tanah atau bola lumut sehingga dalam perawatannya sangat mudah. Berbeda dengan cara menanam yang lain, tanaman Kokedama cukup disiram sekali seminggu, dengan hanya dicelupkan ke air selama kurang lebih 5 menit.

Shinta, founder dari Hijaudaun.id mengatakan bahwa ia terinsipirasi untuk membuat tanaman-tanaman hias mini yang mudah dirawat di dalam rumah karena keadaan kota, khususnya Jakarta, sudah tidak mempunyai banyak ruang untuk dijadikan tempat untuk bercocok tanam.

Di akhir perbincangan, Shinta berpesan kepada para pengunjung Bekraf Habibie Festival 2018 agar mulai melakukan kegiatan-kegiatan kepedulian terhadap lingkungan lewat hal-hal yang kecil dan sederhana. Seperti motto mereka, “Go Green Ga Pake Ribet”. [Zantia Karinka/CP]