“Dark to Light”: Bukti Dari Gelap Menuju Terang

4 Oct 2018 | 18:35

Bertempat di area Zona Makerland Bekraf Habibie Festival 2018, hari ini (21/9) diadakan workshop mengenai robotika. Acara ini menarik perhatian pengunjung, terlihat dari penuhnya bangku-bangku peserta dan raut antusiasme di wajah mereka. Workshop kali ini dibawakan oleh Hisyam, seorang pelajar Madrasah Aliyah Technonatura. Hisyam mengenalkan robot rakitannya yang diberi nama “Dark to Light”. Sistem robot ini dikendalikan oleh gawai tablet yang disambungkan melalui koneksi internet berbasis wifi. Robot berfungsi untuk memindahkan barang. Selain bentuknya yang unik, robot ini juga memiliki ban yang tipis dengan tujuan agar mudah untuk dikendalikan. “Dark to Light” konon dirakit untuk diikutsertakan dalam sebuah ajang lomba robotika di Meksiko.

Usai mempresentasikan karyanya dan membawakan sesi workshop, Hisyam diserbu banyak pertanyaan dan komentar dari para peserta. Salah satunya datang dari Tasya, siswi dari SD 07 Ujung Menteng. “Aku senang bisa ikutan workshop ini. Menginspirasi aku untuk bisa berkarya,” tuturnya.

Ada banyak cara menginspirasi anak bangsa untuk lebih mengenal teknologi dan inovasi, salah satunya dengan melihat hasil karya tangan anak bangsa sendiri. Dengan demikian, tak hanya inspirasi yang didapat, namun rasa bangga dan kepercayaan diri atas potensi-potensi yang dimiliki di berbagai bidangnya. Mari berkarya, Indonesia! [Karisma Rosma Dewi/CP]